by

KNPI dan Kodim Aceh Tengah Sukseskan Progam 1 Juta Jamban

Kodim 0106 Aceh Tengah - Bener Meriah dan KNPI Aceh Tengah bangun jamban

Takengen | Lintas Gayo – Kodim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah gandeng Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan FKPPI Aceh Tengah menyukseskan program 1 juta jamban. “Untuk Kodim 0106, target 5000 jamban disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di dua kabupaten. Sudah 300 jamban diserahkan kepada masyarakat,” kata Dandim Letkol Arm Ferry Ismail di Kampung Pantan Damar Kecamatan Atu Lintang, Senin (14/12/2015) lalu.

TNI yang menjadi mitra dalam program satu juta jamban, jelas Ferry, mengandeng organisasi kepemudaan untuk mempercepat program tersebut dan membantu masyarakat secara langsung.

Ferry juga berharap, bukan hanya sekedar penyerahan simbolis tapi pemuda dan TNI bisa bergotong royong membantu masyakarat membuat jamban sehat.

Sebelumnya, Camat Atu Lintang Junaidi SSos menyampaikan, di Kampung Pantan Damar sekitar 140 rumah sudah memenuhi keteria jamban sehat dan masih banyak yang belum memenuhi kateria sehat. “Sekitar 1300-an kepala keluarga di Kecamatan Atu Lintang masih membutuhkan jamban sehat,” ungkap Junaidi.

Menurut Junaidi, faktor lingkungan sangat mempengaruhi warga dan masih ada budaya, pemikiran yang berbeda dengan masyarakat perkotaan. Warga di kampung saat membangun rumah lebih mengutamakan bangunan utama sementara untuk kamar mandi dibangun belakangan, sehingga warga sering kahabisan material untuk membangun kamar mandi, akibatnya jamban dibuat seadanya saja. “Padahal urusan jamban ini penting untuk kesehatan, karena adanya pola pikir yang masih kurang terkadang untuk urusan “hajat” dilakukan dengan altenatif lain,” kata Junaidi.

Ketua KNPI Aceh Tengah yang diwakili Agustino, menyatakan KNPI sangat mendukung program jamban sehat sehingga ikut terlibat langsung bersama TNI. “Program sangat bersentuhan dengan pemuda, karena kesehatan akan melahirkan generasi yang sehat. Jangan melihat jambannya,

tapi kepentingannya,” kata Agustino yang didampingi sejumlah pengurus KNPI Aceh Tengah, antara Sekretaris Zikrullah, Bendahara Edy Gunawan, Wakil Ketua Iskandar Roby dan Bidang Infokom Wen Y Rahman.
Usai penyerahan jamban secara simbolis, Dandim 0106 Aceh Tengah Ferry Ismail didampingi pengurus KNPI Aceh Tengah turun langsung meninjau jamban sehat di rumah-rumah warga. Untuk rumah yang belum dipasang jamban, Dandim beserta jajaran bersama KNPI dan FKPPI langsung ikut kerja bergotong royong membuatkan jamban untuk rumah warga. (**)

Comments

comments

News