Karena Kita Bersaudara : IMAPA Jakarta Peduli Rohingya

By on Wednesday, 27 May 2015

Jakarta | Lintas Gayo –Beberapa pekan terakhir ramai diberitakan tentang etnis muslim Rohingya yang terdampar di laut Aceh. Manusia perahu yang biasa orang menyebutnya ini berasal dari Myanmar dan Bangladesh dengan tujuan semula ke Malaysia namun mendarat di laut Lhokseumawe Aceh pada Minggu 10 Mei 2015.

Berbulan-bulan hidup ditengah lautan dengan keadaan tanpa makanan yang cukup membuat kondisi mereka sangat memprihatinkan. Ditambah dengan banyaknya anak kecil dalam rombongan itu membuat hati nurani kita terketuk untuk melakukan aksi nyata dalam membantu mereka.

Atas dasar solidaritas kemanusiaan dalam upaya Save Rohingya, maka IMAPA Jakarta bergerak untuk melakukan aksi penggalangan dana dan membuka posko bantuan dalam #IMAPAJakartaPeduliRohingya. Aksi ini bertujuan untuk membantu meringankan beban mereka dengan cara menggalang dana di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Aksi penggalangan dana tersebut berlangsung mulai Kamis, 21 mei 2015 hingga saat berita ini diterbitkan. Nantinya, IMAPA Jakarta akan menggelar penggalangan dana kemanusiaan ini hingga satu pekan ke depan.

Samsul Bahri, selaku Koordinator Lapangan, mengatakan bahwa aksi penggalangan dana ini diharapkan dapat membantu kaum Rohingya. “Kami berharap dengan aksi ini dapat meringankan beban mereka. Meski tidak besar namun ini bentuk solidaritas yang bisa kami lakukan sebagai aksi kemanusiaan. Mereka sangat membutuhkan uluran tangan kita”, kata Samsul, Jumat, 22 Mei 2015.

Data BNPB menyebutkan saat ini jumlah pengungsi muslim Rohingya dari Bangladesh dan Myanmar yang ada di Aceh berjumlah 1.722 jiwa. Adapun jumlah pengungsi itu terdiri dari 1.239 jiwa laki-laki, 244 jiwa perempuan dan 238 jiwa anak-anak.

Pengungsi tersebut terdampar di perairan provinsi ujung paling barat Indonesia itu pada 10, 15, 16, dan 20 Mei 2015. Saat ini pengungsi sudah ditempatkan di tempat pengungsian yang tersebar di 4 daerah yaitu 560 jiwa di Kabupaten Aceh Utara, 47 jiwa di Kabupaten Aceh Tamiang, 682 jiwa di Kota Langsa dan 433 jiwa di Kabupaten Aceh Timur.

Dwi Abdullah selaku Ketua Departemen Sosial, Budaya dan Olahraga Pengurus Pusat IMAPA Jakarta mengatakan aksi solidaritas kemanusiaan seperti ini telah menjadi kegiatan rutin IMAPA Jakarta setiap tahunnya. “Ini sebagai salah satu aksi nyata IMAPA untuk turut berperan aktif dimasyarakat. Semoga sekecil apapun bantuan yang kita berikan dapat bermanfaat bagi mereka”. (Relis)

Comments

comments