by

PWI Aceh Adakan Pelatihan Investigasi Reporting

Takengen| Lintas Gayo- PWI Aceh menyelenggarakan pelatihan jurnalistik, khusus tentang investigasi reporting. Kegiatan pelatihan dengan menghadirkan pemateri wartawan “kawakan” di Indonesia. Diantara pemateri itu, wartawan senior dari Gayo mendapat kehormatan untuk menyampaikan materi.

Kegiatan yang dipusatkan di Banda Aceh akan berlangsung 12 dan 13 November ini, juga diikuti dua wartawan Aceh Tengah dan Bener Meriah- PWI Gayo Lut ( Irwandi dan Abdurahman) sebagai peserta. Pelatihan ini pesertanya dikhususkan buat wartawan yang sudah mahir namun perlu mendalami investigasi reporting.

Menurut Aldin NL, panitia pelaksana, kegiatan pelatihan selama dua hari ini dengan pemateri 4 wartawan kawakan di Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh wartawan seluruh Aceh yang selama ini sudah menggeluti dunia jurnalistik, bukan sebagai wartawan pemula.

Pemateri yang dihadirkan dalam pelatihan investigasi reporting ini; Daru Priambodo, Pemred Tempo. Co.id, akan menyampaikan materi mengidentifigasi data dan fakta dalam investigasi reporting. Sementara Maskur Abdullah wartawan BBC London yang merupakan wartawan senior, akan memberikan materi pengantar investigasi reporting. Ramadhanyah, wartawan senior di Aceh dan merupakan penguji Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) akan memberikan materi tehnik menembus sumber dan wawancara. Dan Bahtiar Gayo, wartawan dari negeri penghasil kopi arabica gayo, menyampaikan materi pengalaman lapangan investigasi reporting.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini wartawan akan memiliki ilmu dalam melakukan investigative reporting secara lebih baik.Meningkatkan skill, dalam tugas-tugas investigasi di lapangan. meningkatkan kemampuan menulis/menyajikan laporan investigasi, serta memberi pengetahuan tentang etika dan rambu-rambu dalam melakukan investigasi di lapangan,” sebut Aldin. (LG 013)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News