by

Pemerintah Aceh Buka Posko Komando Tanggap Darurat

Rapat pembentukan posko tanggap darurat
Rapat pembentukan posko tanggap darurat

Banda Aceh | Lintas Gayo – Pemerintah Aceh, secara resmi membuka Posko Pusat Komando Tanggap Darurat Bencana longsor dan banjir, di Media Center BPBA Aceh. Media Center ini akan melayani arus informasi 24 jam.

Hal ini disampaikan Asisten Keistimewaan, Pembangunan dan Ekonomi Sekda Aceh Azhari Hasan, dalam rapat yang digelar di aula BPBA Aceh, Selasa (4/11/2014) pagi.  Rapat di moderator Kepala BPBA Said Rasul ini dihadiri perwakilan SKPA lingkup Pemerintah Aceh, Perwakilan Kodam dan Polda Aceh, Anggota DPR Aceh, Aceh Center, RAPI Aceh dan IOF Aceh.

Akses Jalan Gunung Paro di lintasan Banda Aceh-Meulaboh yang sempat putus total di Km 37 sejak beberapa hari lalu, akhirnya berhasil diatasi dan bisa diterobos oleh kendaraan roda empat. “Sejak jam 5 kemarin sore, Alhamdulillah mobil sudah bisa dilewati dan menjelang magrib sudah bisa menembus ke Gunung Geurutee. Apresiasi dan terimakasih atas pengabdian, perhatian khusus dan kerjasama semua pihak, dengan bahu membahu bekerja keras sehingga persoalan ini bisa tertangani dengan baik,” ujar Azhari Hasan.

Dalam rapat ini, Azhari Hasan kembali menegaskan bahwa Gubernur telah menetapkan bencana longsor yang terjadi di Gunung Paro Aceh Besar itu sebagai bencana provinsi, yang berlaku sejak senin 3 November kemarin.  Ditambahkan Azahari, Pemerintah Aceh melalui BPBA akan terus berkoordinasi secara kontinyue dengan Pemerintah Kabupaten, TNI, Polri, RAPI Aceh, IOF, dan sejumlah organisasi lainnya untuk sama-sama fokus menangani permasalahan dilapangan termasuk persoalan  sosial, kesehatan dll.

“Untuk mengelola arus informasi yang akurat, mulai hari ini kita akan buka Posko induk di BPBA. Posko ini akan mengendalikan update informasi dilapangan. Mohon bantuan rekan-rekan media juga,” harapnya.

“Posko di Media Center BPBA ini adalah posko pusat. Di lapangan juga sudah ada dua titik, yakni di Lhok Seudu dan Lomno. Semua informasi dari lapangan akan update 24 jam disini, di Media Center BPBA. Setiap jam 12 siang juga akan kita gelar konferensi pers,” jelasnya.

Dalam rapat tersebut juga membahas mekanisme kelancaran arus transfortasi (teknis buka tutup lalu lintas), dan diharapkan mobil yang bertonase berat sementara waktu tidak melewati jalur tersebut.

Kepala BPBA Aceh Said Rasul menjelaskan, Posko pusat Media Center berada di Kantor BPBA di Jalan T. Nyak Arief dengan pelayanan 24 jam. “Silahkan hubungi Media Center di nomor 081360669111. Posko ini dibuka selama 24 jam,” terang Said Rasul. [Rel]

Comments

comments

News