by

Pernyataan Ghazali Abbas Adan Soal ALA- ABAS

Ghazali Abbas Adan
Ghazali Abbas Adan

Redelong | Lintas Gayo – Berkenaan dengan wacana pemekaran ALA-ABAS yang merupakan wacana lama, menurut Ghazali Abas Adan, merupakan bagian dari hak mengeluarkan pendapat dari setiap warga negara. Apalagi anggota DPR yang memang salah satu hak konstitusionalnya adalah mengartikulasikan aspirasi konstituennya. Terlepas apakah ada kemungkinan untuk dapat diwujudkan atau tidak.

Dalam hal ini, Ghazali salah seorang DPD RI asal Aceh mengatakan, dirinya menghormati wacana pemekaran ALA-ABAS sebagaimana dikhalayakkan beberapa anggota parlemen Aceh di Senayan.

“Saya harus klarifikasi bahwa wacana itu bukan dari Forbes DPR dan DPD RI wakil Aceh sebagai sebuah paguyuban anggota parlemen Aceh (DPR dan DPD RI) parlemen Indonesia di Senayan,” ujarnya kepada Lintas Gayo.com, Selasa (14/10/2014).

Ia juga menerangkan, dirinya sebagai salah seorang anggota parlemen wakil Aceh, tidak diminta pendapat. Dan pendapat saya soal itu adalah mewujudkan dengan sungguh-sungguh apa yang menjadi substansi alasan pemekaran . Sebagaimana disampaikan para penggagasnya selama ini, yakni pemerataan pembangunan di kawasan daerah yang diberi nama ALA dan ABAS itu.

“Untuk hal ini akan dengan sungguh-sungguh saya dorong dan meminta garansi dari Pemerintah Aceh, siapapun dan kelompok manapun yang menjadi leader Pemerintahan Aceh. Ini kalau memang benar-benar pemerataan pembangunan merupakan alasan wacana pemekaran itu,” pungkasnya.

Dalam waktu yang bersamaan ia juga mengimbau kepada sahabat-sahabat anggota DPR dan DPD RI wakil Aceh di Senayan, untuk bersama-sama lebih utama memperjuangkan beberapa hak konstitusional Aceh dari Pemerintah pusat sebagaimana diamanahkan UUPA.

Serta hak-hak aktual rakyat Aceh dalam upaya mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bersama bagi seluruh rakyat, apapun suku dan etnisnya dalam teritorial Provinsi Aceh.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Forum Bersama (Forbes) Anggota DPR dan DPD RI asal Aceh akan mengagendakan pembicaraan tentang rencana pemekaran provinsi Aceh Leuser Antara (ALA) dan provinsi Aceh Barat Selatan (Abas).

Ketua Forbes, M Nasir Djamil SAg memastikan Forbes akan segera membahas soal ALA dan Abas karena hal itu juga aspirasi masyarakat di Aceh.

Anggota DPR RI asal Aceh lainnya, Muslim Ayub MM menyatakan, aspirasi pembentukan provinsi ALA dan Abas sudah lama dideklarasikan oleh masyarakat dan tokoh-tokoh dari kabupaten yang akan dimekarkan. (AF1)

Berita Terkait: #ALA-ABAS

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News