by

Inilah Cara Pantau C1 Lewat Website KPU

scan c1 di website kpuLintas Gayo – Pemilihan presiden telah selesai dilaksanakan pada dua hari lalu, tepatnya tanggal 9 Juli 2014. Perhitungan suara di masing-masing TPS telah selesai dilaksanakan, namun untuk mengetahui hasil sebenarnya dari KPU pusat masih membutuhkan waktu hingga tanggal 22 Juli 2014.

Dalam jeda sekitar 2-3 minggu dari proses pemungutan suara, kita dapat mengawal data dari TPS agar dapat sampai ke KPU pusat dengan aman dan tanpa kecurangan. Salah satu cara kita untuk mengawal dan memantau hasil rekapitulasi suara dari TPS kita adalah dengan cara merekap, melihat maupun melakukan upload formulir C1 ke website KPU.

Formulir C1 merupakan formulir yang berisi data perolehan suara di tiap TPS. Cara kita memantau hasil rekapitulasi suara melalui scan C1 diwebsite KPU cukup mudah. Kita hanya perlu mengunjungi website kpu di alamat pilpres2014.kpu.go.id, kemudian kita pilih menu Scan C1 di bagian kanan atas website tersebut.

Setelah anda memilih menu Scan C1, maka anda akan menemukan pilihan Propinsi yang dibawahnya terdapat persentase provinsi yang telah melakukan upload Form C1 ke website KPU. Silahkan anda memilih propinsi yang ingin anda pantau data hasil rekapitulasinya, pilih kabupaten/kota, kecamatan dan kelurahan/desa yang ingin anda pantau.

Jika anda telah memilih hingga kelurahan/desa, maka anda akan menemukan tabel yang berisi file scan yang berupa gambar. Anda dapat melihat hasil rekapitulasi di kelurahan/desa yang anda pilih cukup dengan memilih gambar pada kolom ke-4, namun jika anda ingin melakukan unduh, silahkan pilih unduh.

Data hasil C1 yang dikirimkan dari Kabupaten/Kota merupakan hasil yang telah diplenokan pada tingkatannya dan bukan merupakan hasil final tingkat nasional karena data tersebut dapat berubah sesuai dengan hasil rapat pleno pada tingkat diatasnya atau pada rapat pleno tingkat pusat.

Selamat memantau dan mengawal hasil rekapitulasi suara di TPS masing-masing, jika KPU kabupaten/Kota belum melakukan upload scan C1 anda dapat meminta KPUD untuk segera melakukan upload scan C1. Semoga dengan cara ini, kecurangan dan manipulasi data dapat lebih diawasi. (Okejoss.com)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News