by

Percikan Bara Api Itu “Meletus” Takengen Mencekam

Takengen | Lintas Gayo-  Pridiksi akan adanya insiden antara kekuatan PETA di Aceh Tengah dan Partai Aceh, ahirnya meledak juga. Selasa (18/3/2014) dan Rabu (19/3/2014) dini hari, terjadi insiden di Kantor PA Aceh Tengah (Pendakian Simpang Wariji) dan adanya perusakan mobil berlogo Caleg PA.

PetaSuasana Selasa malam (18/3/2014) ketika massa PETA dan pejuang ALA melakukan sweping di Simpang Wariji. (Foto dokumen Leuser Antara online)

Massa PETA mencari sumber pemicu kemarahan, karena saat berlangsungnya Kampanye di Asir-Asir Takengen, Selasa (18/3/2014) siang, telah mengeluarkan statemen yang mengusik ketenangan pejuang ALA dan PETA.

Selain itu, adanya pengurus PETA Aceh Tengah (sudah dipecat) menyeberang menjadi tim pemenang PA. Mantan pengurus ini membawa nama PETA seperti yang diekpos media online. Dua penyebab ini, membuat massa pejuang ALA dan PETA marah dan melakukan aksi sweping pencarian.

Tidak bertemu dengan orang yang mereka cari, ratusan massa yang sudah berkumpul itu, ahirnya melakukan perusakan mobil berlogo salah seorang Caleg PA yang melintas di Simpang Wariji, massa juga melakukan pendobrakan kantor PA dan membakar isi kantor.

Letusan senjata dari aparat kepolisian yang membubarkan massa, setelah beberapa menit berhasil mengendalika situasi di lapangan. Massa ahirnya membubarkan diri, Rabu (19/3/2014) dini hari. Suasana masih mencekam. Di lapangan, bendera dan atribut PA dan Caleg PA selain dirusak dan dibuang, juga banyak yang dirobek-robek.

Kejadian yang membuat masyarakat kembali dibaluti perasaan takut itu, kini sudah ditangani pihak kepolisian. Seharusnya kasus itu tidak harus terjadi di saat masyarakat sedang menghadapi Pemilu dan memulihkan diri dari amukan gempa.

“Kami takut, seharusnya hal seperti ini bisa dimusyawarahkan baik-baik, agar tidak ada insiden. Yang salah mengakui kesalahannya, sementara pihak lain juga harus memaafkan dengan sejumlah persyaratan. Bila semua jiwa besar, hal ini dapat dihindari,” sebut seorang ibu, yang kebetulan malam itu kembali dari Biruen yang mengantar keluarga sakit untuk berobat. (tim LG)

berita terkait;

Gesekan PA Dan PETA Mulai Terasa

Comments

comments

News