by

Hijab Modern Membuat Perempuan Salah Kaprah

Oleh : Zulaikha Ulhaq Rida*

Seorang perempuan dikatakan muslimah apabila ia berpakaian muslimah didalam hidupnya. Namun berpakaian muslimah saja belum lah cukup, perempuan juga harus tunduk dan patuh kepada seluruh perintah Allah dan menjauhi segala larangannya yang sudah ditetapkan.

Seorang muslimah dikatakan berpakaian muslimah yaitu apabila ia sanggup menjaga,memelihara dan menutup auratnya. Adapun menutup aurat yaitu terdiri dari jilbab dan pakaian yang menutupi seluruh anggota tubuhnya dari kepala hingga kaki dan tidak transparan.

Didalam Al-quran Allah telah menjelaskan tentang wajibnya menutup aurat bagi seorang perempuan yaitu pada surat Al-ahzab:59.

“Hai Nabi, Katakanlah kepadaisteri-isterimu, anak-anak perempuanmu danisteri-isteri orang mukmin:”Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[**] keseluruh tubuh mereka”.yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untukdikenal, karena itu merekatidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagiMaha Penyayang.”

[**] Jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala,muka dan dada. (al ahzab:59)

Dari ayat itu sudah sangat jelas bahwa memakai jilbab harus keseluruh tubuh tanpa memperlihatkan dada. Namun mengapa para kaum hawa pada saat ini banyak yang memakai jilbab namun salah menggunakannya. Mereka menggunakan jilbab dengan berbagi macan model dan gaya. Memang bergaya itu bisa-bisa saja untuk meningkatkan kemauan orang lain untuk ikut juga dalam memakai jilbab. Tapi apabila gaya dan tren itu dilakukan secara berlebihan maka sudah tidak indah lagi jika dipandang,

Seperti yang terjadi pada saat ini, berita yang sangat populer dan menyebar dijejaring sosial facebook. Yaitu tentang seorang perempuan umat cristiani yang menulis diblognya tentang penggunaan jilbab atau biasa disebut dikalangan remaja sekarang dengan  hijab.

Adapun pandangan dari sang gadis tersebuat adalah ketika ia berjalan di sebuah mall ada perempuan memakai hijab modifikasi yang menurut dia bikin perempuan itu keliatan seperti memakai sarang lebah. Betapa tidak, dia memakai hijab dua rangkap, rangkap pertama dibuat menjadi seperti rambut, rangkap kedua modelnya agak transparan berwarna biru tua terus dililit-lilitin di kepalanya dengan kesan berantakan. Menurut gadis cristiani itu keliatannya jadi seperti sarang lebah.

Dunia memang semakin canggih semua serba modern termasuk dalam memakai jilbab. Semua itu dilakukan dengan bertujuan supaya menarik wanita Muslim untuk berjilbab, dengan pemikiran hijab bisa keliatan update dan bisa menjawab keresahan wanita Muslim yang pengen berhijab tapi takut tidak bisa keliatan modis lagi.

Namun semua itu memiliki efek samping yaitu terlihat berlebihan,negative secara image, keluar dari tatanan yang tertera didalam al qur’an dan terkesan tidak beraturan.

Oleh sebab itu marilah kita semua sebagai perempuan kembali kepada fitrah yang sebenarnya. Dan bagi yang sudah menutup aurat sesuai dengan syar’i. mari sama-sama kita mengajak teman-teman yang belum menutup aurat sesuai syar’i. mengajak dengan kelembutan dan penuh  kesabaran.

Dengan perlahan-lahan semua perempuan pasti mengerti dan kembali kepada jalan yang telah di tetapkan oleh syar’i.

Mahasiswi Universitas Malikussaleh, Jurusan Teknik Informatika*

Comments

comments

News