4 Cara Mengetahui Madu Asli

By on Monday, 23 December 2013

Lintas Gayo – Setiap orang di berbagai belahan dunia pasti mengenal yang namanya madu. Madu terkenal sangat berkhasiat bagi tubuh. Jika kita sering mengkonsumsi madu maka itu akan sangat baik sekali.

Hal yang istimewa adalah madu terdapat dalam Al Quranul karim, dimana disebutkan dalam kitab suci surah an-naml ayat 69 yang berbunyi :

يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُون

“…Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang-orang yang memikirkan.”

Oleh karena banyak sekali manfaat madu bagi kesehatan manusia, maka tidak jarang orang menjadwalkan dirinya untuk meminum madu setiap harinya.

Namun, oleh sebab banyaknya orang mengkonsumsi madu disebabkan banyaknya manfaat bagi kesehatan tubuh, timbullah beberapa aksi kreatif orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan cara memalsukan madu tersebut.

Banyak cara dan tehnik mereka untuk mengelabui para konsumen dengan mengatakan bahwa “ini adalah madu asli” namun pada kenyataannya itu adalah madu yang sudah bercampur dengan bahan-bahan lainnya dengan maksud untuk mengambil keuntungan dari penjualan madu palsu tersebut dan tidak sedikit pula para konsumen yang merasa aman terhadap jenis penipuan ini dan mereka dengan tidak ada menaruh kecurigaan bahwa yang mereka konsumsi adalah madu tang sudah tidak murni lagi.

Nah… Untuk mengetahui apakah itu madu asli atau tidak kali ini expatdojo.com akan berbagi bagaimana cara kita mengetahui madu asli tersebut.

Berikut ada 4 Cara Mengetahui Madu Asli

  1. Teteskan satu tetes madu kedalam segelas air putih. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar gelas tanpa berpendar dan akan tetap kelihatan solid atau mengumpul.
  2. Untuk mengetahui madu asli dan berkualitas adalah dengan cara dibakar. Ambil sendok lalu isi sendok tersebut dengan madu setengahnya saja. Lalu nyalakan lilin dan panaskan madu di sendok tadi di atas lilin yang menyala. Tandanya, Madu asli akan meluber sebab terkena panas dan akan tumpah.
  3. Ambil 1 sendok makan madu dan masukkan ke dalam sebuah cawan putih. Kemudian masukkan air secukupnya ke dalam cawan yang ada madu tersebut. Silahkan Goyang-goyang  cawan yang berisi campuran madu dan air tersebut selama 40 detik hingga satu menit. Tandanya, jika madu tersebut adalah asli maka sesudah digoyang-goyang cawan campuran madu dan air tadi akan terbentuk struktur rumah lebah.
  4. Langkah berikut ini sangat sederhana. Sediakan kertas Koran secukupnya. Teteskan madu diatas kertas koran. Tandanya, jika madu asli, maka madu tidak akan langsung merembes di kertas koran karena tidak mengandung air.(Sumber:expatdojo)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *