by

Ledakan Pabrik Baja di Medan 10 Pekerja Terluka

MEDAN| LINTASGAYO – Setidaknya 10 orang pekerja terpaksa dilarikan ke rumah sakit akibat ledakan yang terjadi di pabrik peleburan baja di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Tiga di antaranya mengalami luka parah.

Ledakan itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, Sabtu (26/10/2013) di pabrik PT Growth Sumatra Industry, di Jl Yos Sudarso, Medan. Ada masalah saat proses pemindahan wadah yang membawa cairan panas, sehingga terjadi ledakan di bagian produksi yang ada di sisi belakang pabrik.

“Ada ‘gayung’ yang membawa cairan panas itu, ternyata kabel pengikatnya putus, tumpah. Di bawahnya kan air, jadi meledak,” kata salah seorang pekerja, Adi Usman.

Ledakan yang demikian kuat menyebabkan konstruksi bangunan yang di belakang pabrik berantakan. Atap seng jebol, dan sejumlah peralatan produksi rusak. Kaca-kaca bangunan juga pecah. Sempat juga muncul api, tetapi dapat dipadamkan dengan cepat.

Sejumlah karyawan yang sedang bekerja di sekitar kejadian terkena serpihan ledakan. Setidaknya ada 10 orang yang terluka, termasuk tiga orang yang luka serius. Mereka dibawa ke Rumah Sakit Umum Pekerja Indonesia Imelda di Jalan Bilal, Medan.

Polisi yang turun ke lokasi kejadian segera melakukan penyelidikan. Garis polisi dipadang, dan saksi mata dimintai keterangannya.

Insiden kecelakaan kerja sudah sering terjadi di pabrik ini. Sudah lebih dari 10 kali terjadi insiden yang menyebabkan karyawannya banyak yang terluka. (Detik)

Comments

comments