Mari Menjadi Donatur Buku Untuk Gayo!

By on Thursday, 3 October 2013

Oleh: Rasnadi Nasry*

Tak dapat dipungkiri, Salah satu sifat  dasar manusia adalah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Meraka rela melakukan hal apapun demi melunasi keingintahuan tersebut.  Ironisnya, perasaan ini sering kali terlampiaskan dengan hal-hal yang jutsru tidak bermanfaat dan malah merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Misalnya merokok di usia sekolah dan pergaulan yang tidak sehat. Seringkali generasi muda justru menjadi subjek dari fenomena tersebut.

Kenyataannya, ini tidak serta merta menjadi kesalahan mutlak para remaja. Banyak faktor yang menimbulkan gejala sosial seperti ini, faktor lingkungan, budaya dan mindset yang tak terbimbing. Ini disebabkan oleh pengaruh lingkungan yang suram, disinovatif, diskreatif dan tentu saja negatif produktif, malangnya mereka tidak menemukan sesuatu yang justu dapat mengubah paradigma yang telah membudaya tersebut.

Dengan Membaca! Ya , dengan membaca kita akan menemukan dunia baru. Dengan membaca kita memperoleh pengetahuan yang baru, dengan membaca bahkan kita dapat menciptakan sesuatu yang baru yang sebelumnya tak pernah ada. Bahkan kitab suci Al-Quran turun dengan kalimat perintah ‘iqra’ yang berarti ‘Bacalah!’.

Membaca merupakan salah satu cara paling produktif demi melunasi hasrat ingin tahu dan menciptakan generasi yang lebih baik. Sebagai sumber ilmu pengetahuan Buku menjadi investasi terbesar dan benda paling berharga yang sangat dibutuhkan di manapun terutama di daerah pedesaan yang sangat minim tersentuh teknologi komunikasi dan informasi. Mirisnya, Akses untuk mendapatkan buku sebagai ilmu pengetahuan lagi-lagi menjadi kendala. Minimnya toko buku dan kurangnya varian buku pada toko menyebabkan tranformasi pengetahuan terhambat.

Berangkat dari persoalan tersebut Komunitas Gayo Membaca tergerak untuk melaksanakan gerakan “GAYO CERDAS MELALUI MEMBACA” namun dengan segala keterbatasannya, salah satunya keterbatasan koleksi buku, maka kami sangat mengharap bantuan dan kerja sama dari berbagai pihak demi menambah  koleksi buku baik dari komunitas, lembaga pendidikan maupun secara individual dalam program “BOOK FOR GAYO”. Program ini merupakan kegiatan donasi berbagai jenis buku dari berbagai pihak untuk menambah koleksi komunitas gayo membaca sebagai inventaris berharga demi merealisasikan tujuan mulia UUD 45 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sekali lagi, Terdapat harapan besar dari berbagai pihak agar turut menjadi donatur dalam kegiatan ini. Kami sangat berterimakasih atas segala respon positif dari anda. (Ag)

Alamat Posko Penerimaan Buku

A.      Bener Meriah – Rasnadi Nasry (nasry_89@yahoo.com) 0823 7091 9696

Jln. Teritit – Pondok baru, Ds. Baten Weh Pongas, Kec.bukit. Kode Pos 24581 (K-BOX Visual Art Studio)

B.      Aceh Tengah – Mailida Sulaiman (putri_safanah@yahoo.com) 0852 6015 8832

Jln. Sengeda, Ds.Keramat Mupakat, Penghulu Lot Tawar, Lor. Meunasah Madani. Kode Pos 24552

* Ketua Komunitas Gayo membaca Bener Meriah

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.