by

Manfaat dan Khasiat “Ungke”

ungkeRIMBANG (Salanum Ferrogium Jacq) disebut juga ungke dalam bahasa Gayo.  Adalah tumbuhan dengan akar tunggang  batangnya digolongkan dalam tipe batang perdu, permukaannya bulat dan berbulu halus, daun termasuk daun tidak  legkap tapi bertangkai, bunganya termasuk bunga majmuk karena satu tangkai terdapat lebih dari satu bunga. Buah berwarna hijau bulat merupakan buah sejati majmuk.

Adapun kandungan kimia pada daun, bunga dan buahnya antara lain, Saponin, Tanin, Flavonid, Alkaloid, Protein Lemak, Kalsium, Fosfor, Zat Besi serta Vitamin A, B dan C. Yang dapat dimanfaatkan sebagai obat jantung berdebar (daun), kepala pusing, kurang nafsu makan serta tekanan darah tinggi (daun dan buahnya).

Buah rimbang selain di percaya masyarakat untuk menyembuhkan mata minus Rimbang juga mengandung vitamin A disamping itu Kandungan vitamin C-nya juga cukup tinggi

Buah ini Bisa Mengobati Pinggang kaku, Bengkak terpukul, Sakit lambung, Tidak datang bulan, Jantung berdebar.

Pada masyarakat Gayo, pada umumnya digunakan sebagai olahan makanan baik untuk paduan makanan khas GAyo seperti pengat, dedah dan cecah.(Disari dari berbagai sumber oleh Zuhra Ruhmi)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment

  1. terbukti ungke sangat bagus untuk mata.. lihat saja musang sangt terang matanya saat dimalam hari mencari makanan bahkan bisa membedakan kopi yg bagus untuk dikonsumsinya,, musang salah satu doyan makan ungke,,

News