Apa Hebatnya Danau Laut Tawar?

By on March 20, 2013

Catatan Pendek Jauhari Samalanga
IMG_9816

Apa sih hebatnya danau Laut Tawar sekarang? itulah pertanyaan dari silang pendapat tentang Danau Laut Tawar di Takengon saat ini. Dan sebenarnya, danau Laut Tawar sudah lelah dengan pujian dari A sampai Z. Dulu memang hebat,karena airnya memberi inspirasi yang luar biasa. Ditambah inspirasi kapal boat yang menjadi transportasi satu-satunya masyarakat Kampong Bintang.

Sejarah juga mencatat, di tengah Laut Tawar pernah berlangsung sebuah negosiasi politik di ataskapal Boat Gajah Mada (posisi menyilang SEJAJAR Kampung Toweren dan kelitu) antara Darul Islam (DI)/Tentara Islam Indonesia (TII) yang diwakili Teungku Ilyas Leube dari DI dan anak buah Nyak Adam Kamil mewakili Republik Indonesia.

Kenapa pertemuan di posisi silang? konon menurut cerita yang beredar bila di tarik garis akan membentuk silang (X), yakni garis dari Kampong Nosar sampai ke pukes yang secara mistis bila dilihat dari udara akan menggambarkan jembatan batu, jalan rombongan inen mayak pukes lewat. Satu garis lagi dari Kampong Toweran menyilang ke Kampong Kelitu, dan dipertengahan garis agak mengarah ke selatan, disitulah awal janji damai DI/TII yang boleh disebut dengan nama “Perjanjian Damai di Kapal Boat Gajah Mada”.

Di Danau Laut Tawar pun pernah terjadi sejarah pendaratan pesawat ampibi Belanda yang membawa keluarga para petinggi kolonial kala itu, dengan arah lurus menabrak silang dari arah kampong Bom ke kampung Bintang. Para keluarga Belanda yang datang lalu menuju ke Mes Belanda di PNP (Rumah Bundar eks kantor KKA yang Sekarang bernama Kampung Kute Nireje).

Masih soal sejarah di Danau Laut Tawar, pada masa Jepang di daerah Tanyur Unguk, Ujong Baro, puluhan meter arah selatan Hotel Renggali, tentara Jepang melempar mobil jeep dan beberapa senjata ke dalam danau, karena takut dirampas sekutu. Tidak diketahui apa benar cerita tersebut, tetapi beberapa waktu lalu, di tengah danau ada diketemukan bom yang berbebuatan ledak tinggi, ini bukti sejarah perang dunia ke-II di Gayo masa itu.

Namun saya tidak memperluas cerita Danau yang punya sejarah dan legenda luar biasa. Ditambah muasal cerita batak 27 yang pasti panjang. sekarang saya hanya ingin bercerita sedikit tetang  keheranan saya tentang air danau yang mengalir melalui sungai pesangan yang memberi kehidupan pada sejuta manusia di Daerah Arus Sungai (DAS), namun tanpa feadback hingga kondisi danau mengalami penyusutan yang luar biasa. Ditambah lagi, Danau kini berpante, tapi ya jorok karena sampah.

Terakhir, dengan kondisi lemah akibat penyusutan, Danau Laut tawar bertambah bebannya dengan kehadiran Perusahaan Listrik Tenaga Air (PLTA) yang katanya akan menerangi seluruh Provinsi Aceh. Ini menandakan sebuah danau yang tak berpulau bak Danau Toba, benar-benar menjadi sumber hidup 5 juta penduduk Aceh. Entah untuk berapa lama? Wallahua’lam….

Komentar Via Facebook

2 Comments

  1. edwin fazjar

    21/03/2013 at 10:34 am

    hebatnya danau lut tawar ada penghuninya yaitu depik dan lembide…
    Dan masih banyak lagi kelebihan yg dari DLT…

  2. Aman Tiara

    21/03/2013 at 12:58 am

    Danau lautTawar jangan lagi dipuji, tetapi dirawat dengan baik…tumbuhan bangunan dipinggirannya harus ditertipkan agar tidak mengganganggu danau, lalu sampah buang pada tempatnya……dan haru s ada timbal balik untukperawatandari daerah yang menggunakan air danau sebagai sumber kehidupan…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>