Sukses Tanaman Cabe Unggul, Kelompok Tani Sepakat Raih “Takengon Award 1″

By on February 28, 2013

lahan cabeSEBUAH kelompok tani di Kecamatan Silih Nara tepatnya di Kampung Arul Putih Takengon yang dipimpin oleh Kamaluddin warga kampung  setempat yang berhasil membuat suatu percobaan untuk tanaman palawija khususnya cabe dengan  memakai penutup pada bendengan dengan serlon untuk mengurangi sinar matahari langsung.

Butuh waktu setahun, kelompok tani ini hingga mencapai hasil yang diinginkan, tak mudah melakukan percobaan ini, butuh keahlian khusus dan kajian yang mendalam guna tercapainya hasil yang maksimal untuk tanaman cabe ini.

Kelompok tani Sepakat yang rutin menggali ilmu dari berbagai sumber termasuk kepada para penyuluh pertanian yang disebar diseluruh kecamatan di Aceh Tengah ini.

Pada tahun 2012 lalu, percobaa mereka kepada tanaman cabe dengan memakai penutup pada bendengan dengan serlon ini ternyata berhasil. Di usia tanaman yang masih berumur 15 hari, ketinggian cabe sudah mencapai 1,5 meter dengan pertumbuhan jagur, sehat, produksi merata dan kualitas cabe bernas.

Dalam kondisi tersebut, dalam kurun waktu 3 bulan saja Kelompok Tani Sepakat telah siap untuk memanen dengan produksi rata-rata 2500 kilogram persekali panennya untuk bidang tanah seperdelapan hektar saja.

Pada tahun 2012 lalu, Bupati Aceh Tengah langsung mengunjungi percobaan yang telah dilakukan atas hasil kerja keras kelompok yang dipimpin Kamaluddin tersebut.

Beberapa pretasi sudah diraih oleh kelompok Tani Sepakat, pada tahun 2012 kelompok tani ini meraih penghargaan dari Menteri Pertanian Republik Indonesia sebagai Kelompok Tani Berprestasi hanya dengan percobaan pada tanaman cabe. Alasannya sangat jelas, waktu untuk memanen tanaman sangatlah singkat hanya 3 bulan saja, sehingga dalam setahunnya tanaman cabe dapat diproduksi sebanyak 4 kali, dengan hasil ini otomatis tingkat kesejahteraan masyarakat akan terjaga. Dan berbagai prestasi lainnya ditingkat provinsip pun telah diraih oleh kelompok tani ini.

Atas dasar peran kelompok tani ini sebagai penunjang pertanian di Aceh Tengah dari sektor palawija, sehingga pada tahun 2013 tepatnya pada tanggal 17 Februari 2013 lalu, pemerintah Aceh Tengah menetapkan Kelompok Tani Sepakat terpilih sebagai salah satu penerima “Takengon Award 1″ dibidang kelompok tani teladan, penganugrahan ini diserahkan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kute Takengen Ke-436.(Darmawan Masri)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>