Pakai bahasa Gayo untuk Selamatkan bahasa Gayo

By on January 22, 2013
Yusradi Usman al-Gayoni

Yusradi Usman al-Gayoni

Bogor | Lintas Gayo – Bahasa Gayo memiliki keterancaman kepunahan. “Dari sisi penutur, kita tidak terlalu khawatir. Karena, penutur bahasa Gayo ada 500 ribu. Yang kita khawatirkan sikap penutur bahasa Gayo yang mulai meninggalkan bahasa Gayo,” kata pengkaji bahasa (ekolinguistik), Yusradi Usman al-Gayoni dalam Diskusi Kebahasaan Barisan Muda Gayo (BMG), Minggu (20/1/2013) di Perumahan Griya Cimangir Serpong Estate, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Akan tetapi, kata Yusradi, jumlah penutur tidak menjamin keberlangsungan dan keselamatan bahasa Gayo.

“Saat ini, penutur bahasa Gayo sudah mulai tidak berbahasa Gayo. Selain itu, masyarakat Gayo mulai tidak mengajarkan dan mempelajari bahasa Gayo,” sebutnya. Hal tersebut, sambungnya, merupakan indikator ketidaksehatan bahasa Gayo. Dengan demikian, vitalitas bahasa makin kurang.

Dalam diskusi yang dihadiri mahasiswa Gayo yang kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, dan mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP), Direktur Research Center for Gayo itu menegaskan, agar bahasa Gayo selamat, maka mesti dipakai.

Muatan Lokal

Disamping itu, perlu diajarkan dan dipelajari baik secara formal maupun informal selain memperkuat dokumentasi serta melestarikan lingkungan.

“Secara formal, bisa dijadikan muatan lokal di sekolah-sekolah. Ini jadi kewajiban pemerintah kabupaten di Gayo untuk menjadikan bahasa Gayo sebagai muatan lokal,” sebutnya.

Namun, mesti diworkshopkan terlebih dahulu. Alhasil, ada kesamaan bahan ajar. Menurut pengakuannya, muatan lokal bahasa Gayo terakhir diajarkan di Takengon tahun1997-1998. “Sayangnya, sekarang tidak berlanjut,” keluhnya (LG-006)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>