by

Banda Aceh Dikembangkan Menjadi Kota Hijau

Banda Aceh | Lintasgayo – Dinas Pekerjaan Umum (PU) bekerja sama dengan Dinas Kebersihan Kota Banda Aceh, Senin (27/11/2012) menggelar kegiatan Sosialisasi Pengembangan Kota Banda Aceh Sebagai Kota Hijau di Taman Putroe Phang-Banda Aceh.

Kegiatan yang bertema “Wujudkan Kota Banda Aceh Sebagai Kota Hijau ‘Green City’” ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang dilaksanakan Kementerian PU RI di 60 kota.

“kegiatan ini merupakan sosialisasi hasil penyusunan Master Plan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Peta Hijau Kota Banda Aceh atau Green Map, yang difasilitasi oleh Kementerian PU sebagai hadiah bagi Kota Banda aceh yang telah meraih penghargaan sebagai kota terbaik dalam penataan ruang dan juga dalam rangka memperingati Hari Tata Ruang yang jatuh pada 8 November lalu” ujar Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PU Banda Aceh, Ramos Kam ST MP.

Acara ini dibuka oleh Walikota Banda Aceh, Ir.Mawardy Nurdin, M.Eng,Sc., dan secara simbolik melakukan penanaman pohon di Taman Putroe Phang. Kegiatan ini juga sebagai bentuk keseriusan Pemkot Banda Aceh dalam mengimplementasikan RTH sebesar 30 persen sesuai dengan undang-undang tata ruang.

Setiap tahun Pemkot Banda Aceh rutin melakukan penanaman pohon guna memenuhi standar luas RTH. RTH Kota Banda Aceh sendiri telah mencapai 16 persen dari 61.359 Ha luas wilayahnya. Pada kegiatan ini kembali ditanami sekitar 2.500 pohon di Gampong Peulanggahan, Kecamatan Kuta Raja.

Ramos menambahkan “selain memfasilitasi kegiatan sosialisasi, Kementerian PU juga memberikan bantuan fisik yaitu membangun RTH di beberapa daerah, saat ini sedang fokus di Gampong Lambung, Kecamatan Meuraxa.”

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi, diharapkan masyarakat dapat lebih berperan serta dalam melestarikan pepohonan dan menyadari akan pentingnya RTH,” tegasnya pada acara yang turut dihadiri oleh Pemkot Banda Aceh, DPRK, unsur Muspida, tokoh-tokoh masyarakat, serta para pelajar SMU di Kota Banda Aceh.(Ria Devitariska/red.04)

Comments

comments