Awan Jalil : Kesultanan Johor Sedarah dengan Linge

By on November 27, 2012

Aman Jalil salah seorang keturunan Reje Linge. (Lintas Gayo | Kha A Zaghlul)

Takengon | Lintas Gayo - Salah satu keturunan Reje Linge yang menjadi juru kunci komplek bekas kerajaan Linge Kabupaten Aceh Tengah Aman Jalil menegaskan jika Muyang Kute atau Syeh Abdurrauf yang makamnya berlokasi di Genting Rampe, Belang Jorong Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah adalah anak salah seorang Reje Linge.

“Muyang Kute adalah anak kandung keenam dari salah seorang Reje Linge bernama Johar dan menikah ke negeri Johor Malaysia,” kata Awan Jalil kepada Lintas Gayo, Senin 26 Nopember 2012 lalu di Buntul Linge.

Ditegaskan Awan Jalil, makam dari Muyang Kute sesungguhnya berada di komplek makam Reje Linge di Buntul Linge. “Makam yang berada di Genting Rambe Belang Jorong Bener Meriah hanya berisi kerandanya. Jasadnya dimakamkan di sini,” kata pria kelahiran tahun 1931 ini.

Menurutnya wajar jika ada pihak dari kesultanan Johor Malaysia ingin berbuat sesuatu terhadap Makam Muyang Kute karena memang pertalian darah antara Linge dan Johor memang masih sangat kuat.

Selain dengan negeri Johor, kerajaan Linge juga masih punya pertalian darah dengan beberapa wilayah di Indonesia dan luar negeri. Salahsatunya dengan Taiwan dan Thailand.

Makam Muyang Kute. (Sumber : rejeguru.blogspot.com)

“Salah seorang Reje Linge punya istri disalahsatu bagian negera tersebut. Dan baru-baru ini beberapa keturunannya berziarah kemari,” kata Awan Jalil.

Seperti diberitakan Lintas Gayo sebelumnya, beberapa hari lalu serombongan warga Johor Malaysia difasilitasi salah satu yayasan di Banda Aceh mencoba mengganti batu nisan makam Muyang Kute. Namun ditolak tegas oleh masyarakat setempat.

Lintas Gayo belum berhasil memperoleh kelanjutan informasi atas kejadian ini. (Kha A Zaghlul)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>