STAIN Gajah Putih Lakukan Tes Mahasiswa Baru

By on August 13, 2012

Calon mahasiswa STAIN Gajah Putih Takengon. (Enal Oteh | Lintas Gayo)

Takengon | Lintas Gayo – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon kembali menggelar testing calon mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2012/2013 pada 13 Agustus 2012. Penerimaan calon mahasiswa baru ini dibuka sejak tanggal 07 Mei s/d 9 Agustus 2012 lalu.

Menurut ketua pelaksana kegiatan penerimaan mahasiswa baru tersebut, Al Hadi AZ, SHI yang juga menjabat sebagai Pembantu Ketua STAIN Gajah Putih Takengon, penerimaan mahasiswa baru ini merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya dan untuk tahun ajaran kali ini merupakan yang pertama dengan status STAI Negeri yang ditetapkan melalui Peraturan Presiden RI Nomor 50 Tahun 2012 pada tanggal 25 April 2012.

“Kami dari civitas akademika menerima kembali para calon-calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di STAIN Gajah Putih Takengon, yang alhamdulillah ini merupakan yang pertama saat STAI ini sudah berstatus Negeri,” kata Al Hadi.

Kegiatan test uji ini dilaksanakan pukul 8;30 WIB hingga selesai dam yang diujiankan berupa test tulis dan wawancara.

Test tulis dengan tiga jenis pertanyaan, yaitu test umum, pengetahuan agama dan substantif prodi. Sementara test wawancara ada dua pokok yang akan di uji, yaitu test baca al-Qur’an dan psikotest yang masing masing di uji oleh seorang penguji.

Banyak yang Tidak Bisa Baca al-Qur’an

Saat uji baca al-Qur'an. (Enal Oteh | Lintas Gayo)

Dari hasil yang diperoleh melalui test wawancara tersebut para penguji menyayangkan banyaknya peserta yang tidak mampu membaca Al-Qur’an.

Seperti diungkapkan Ikmal, S.Pd.I, salah satu penguji test uji baca Al-Qur’an, dari 31 peserta yang dia uji, hampir 90 persen yang tidak mampu membaca ayat suci agama Islam, baik dari hukum bacaan, mahraz, lafaz, bahkan ada yang tidak bisa membacanya.

“Bagaimana ini, kemampuan membaca al-Qur’an calon mahasiswa STAIN ini memprihatinkan, entah apa yang mereka bacakan tadi,” ujarnya miris. (Enal Oteh/Red.03).

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>