by

Pengcab FPTI Aceh Tengah Gelar Diksar V di Takengon

Takengon | Lintas Gayo – Pengurus Cabang Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Aceh Tengah mengadakan Pendidikan Dasar (DIKSAR) V dan Kompetisi Panjat Tebing yang dilaksanakan dari tanggal 19 – 25 Maret 2012 di Takengon.

Ketua panitia pelaksana Asnawi Putra, S.Pd di sela-sela pembukaan Diksar V FPTI, Senin (19/3) mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melatih peserta untuk disiplin, percaya diri dan menjauhkan diri  dari pengaruh Narkoba serta lebih mengenalkan olahraga panjat tebing kepada masyarakat Aceh Tengah.

Kegiatan Diksar ini di ikuti oleh 17 orang peserta yang kebanyakan dari pelajar yang ada di seputaran Kota Takengon, dan lokasinya antara lain di tebing Renggali Ujung Baro, Dinding Panjat lapangan Musara Alun Takengon dan Atu Tamun Kebayakan.

Menyangkut sumber dana Diksar dan kompetisi Panjat Tebing yang di terima panitia baru dari Koperasi Permata Gayo dan sumbangan perseorangan, sedangkan bantuan dari Pemerintah Daerah yang di kelola Oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah belum dicairkan dikarenakan harus melalui proses, ujar guru SMK Negeri 1 Takengon ini .

Sementara itu Sekretaris Umum Pengcab FPTI Aceh Tengah, Zumara W. Kutarga dalam sambutannya mengharapkan para peserta Diksar V FPTI memanfaatkan waktu sebaik-baik mungkin dan serius dikarenakan ilmu yang diberikan oleh instruktur merupakan ilmu baru yang tidak pernah didapat oleh peserta sebelumnya mengingat  Olehraga panjat tebing adalah olahraga ekstrim tidak sama dengan olahraga Bola Kaki atau Volly Ball.

“Olahraga ini menyangkut nyawa sebagai contoh apabila salah dalam mengikat tali yang digunakan bisa berakibat fatal bagi peserta,” pesan Zumara.

Diakhir sambutanya Zumara W.Kutarga yang akrab di panggil Jujuk ini mengatakan FPTI adalah salah satu dari 5 cabang olahraga berperestasi di Kabupaten Aceh Tengah berdasarkan hasil Pekan olahraga Provinsi XI di Kabupaten Bireuen yang mana memperoleh 2 medali Emas 3 medali Perak dan 6 medali Perunggu, hal ini merupakan semangat bagi para peserta agar lebih giat dan tekun dalam pendidikan ini sehingga dapat menjadi atlit berperestasi nantinya.

Sebagaimana yang diberitakan Lintas Gayo sebelumya, Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Aceh Tengah telah mensosialisasikan penggunaan Anggaran Pembinaan olahraga Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2012 dan memberi limit waktu untuk pengajuan proposal kepada Pengurus cabang selama 10 hari terhitung Rabu (14/3) lalu dan memverifikasinya selama 5 hari untuk pencairan dana yang bersumber dari APBK Aceh Tengah Tahun 2012. (Zan.KG/red.03)

Comments

comments