Sapi Hasil Kawin Suntik Aceh Tengah Ikut Expo IB di Aceh Timur

By on November 11, 2011

sapiib
Takengen | Lintas Gayo – Sebanyak 6 (enam) ekor sapi hasil Inseminasi Buatan (IB) Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakkan) Kabupaten Aceh Tengah akan mengikuti Expo Inseminasi Buatan (IB) atau lebih dikenal dimasyarakat dengan istilah kawin suntik di Aceh Timur  dalam beberapa hari kedepan.

Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tengah, Ir. Absardi. AR. MM kepada Lintas Gayo, Kamis (10/11/2011) saat akan melepas keberangkatan tim dari Dinas tersebut bersama keenam ekor tersebut di kawasan Paya Ilang Takengon.

Keikutsertaan Disnakkan Aceh Tengah pada Expo tahun ini adalah untuk yang pertama kalinya, sedangkan tempat penyelanggaraannya dipusatkan di Kabupaten Aceh Timur tepatnya di Idi Rayeuk, jelas Absardi

Absardi menambahkan bahwa Disnakkan Aceh Tengah mengikutsertakan 6 ekor sapi diantaranya 2 ekor sapi hasil dari Cross Bali-Simental, 2 ekor sapi Bali-Brahman, dan 2 ekor sapi hasil dari genetika asli atau lebih dikenal dengan sapi ras Aceh yang telah mendapatkan sertifikat dari Menteri Pertanian dan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Terkait perlombaan Expo ini Absardi mengatakan bahwa peluang untuk menang ada pada jenis sapi ras Aceh.

Proses IB telah digalakkan oleh Disnakkan Aceh Tengah sejak tahun 2009 yang lalu, dan pada tahun 2012 tambah Absardi akan muncul ternak sapi hasil IB-IB yang lain,.”Sekarang kami sudah punya 5 orang tenaga ahli, diantaranya Sukarman, Nopri Apriandi, Hasbi, drh. Iwan Firdaus dan drh. Isma Yumadillah”, ujarnya.

Absardi juga mengatakan bahwa Disnakkan Aceh Tengah telah menyediakan berbagai jenis bibit ternak sapi berupa semen di Aceh Tengah diantaranya sapi Bali, Brahman, Simental, Friesian-Holstein (FH), sapi Aberdeen angus dan bibit kerbau Murrah. Beberapa waktu kedepan, pihaknya akan memberikan pelayanan IB kepada masyarakat yang memintanya sekaligus memberi penyuluhan peternakan, pungkas Absardi. (Wein Mutuah/03)

Berita Terkait: #Expo

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>