Kawal Amanah Rakyat, Masyarakat Gayo Jakarta Bentuk LSM “GEMPAR”

By on November 3, 2011

Jakarta | Lintas Gayo – Ada hal yang cukup bersejarah di tengah peringatan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2011yang lalu. Pemuda Gayo Jakarta dan sekitarnya membentuk sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang diberi nama LSM GEMPAR (Generasi Muda Pengawal Amanah Rakyat).

GEMPAR merupakan wadah untuk berhimpun dalam memberdayakan sekaligus menggerakan seluruh potensi komunitas masyarakat Gayo di seluruh tanah air, kata inisiator LSM GEMPAR, Muchtaruddin, MBA di Jakarta, Kamis (3/11/2011). Diakui Muchtar—sapaan Muchtaruddin —pemuda Gayo Jakarta dan sekitarnya selama ini ”kurang  terurus” dengan baik. Mereka jarang berkomunikasi dan mengenal satu satu sama lain [berjalan masing-masing]. Pada akhirnya, peran dan potensi yang ada pun tidak dapat terberdayakan dengan baik, fokus, dan maksimal.

Diakui Muchtar, organisasi paguyuban Gayo yang ada pun kurang maksimal dalam memberdayakan potensi yang dimiliki pemuda Gayo Jakarta dan sekitarnya. ”Sebetulnya, ide ini sudah ada sejak tiga tahun yang lalu. Sayangnya, tidak serta merta bisa terwujud. Dan, baru sekarang bisa terbentuk” ungkap Muchtar.

Di sisi lain, jelas Sekretaris Musara Gayo Jabodetabek ini, GEMPAR lahir dari suatu ide mulia dan cita-cita luhur dari pemrakarsanya—Drs. Sabaruddin Harfa, Muchtaruddin, MBA, Alwin Fajar, Zainal Abidin, S.H., Drs. Abdul Azis, APT, Sukarmi, dan Mahakadri—serta didorong atas kepedulian yang tinggi terhadap kondisi yang berkembang di Aceh Tengah dan Bener Meriah. Selain itu, diilhami tuntutan reformasi di bidang moral, politik, ekonomi, keuangan, dan moneter. Juga, di bidang sosial kemasyarakatan yang sedang dilanda krisis multi dimensional.

Lebih dari itu, para pendiri bermaksud membuka kesempatan dan merintis upaya pembenahan yang mendasar, secara sadar, dan terprogram. Disamping itu, membuka peluang untuk mendorong terjadinya transformasi kultural, sosial ekonomi, politik, dan membangun sumber daya manusia (SDM) Gayo yang sifatnya berkepanjangan.

Berikut nama-nama Susunan Pengurus Pusat LSM GEMPAR Periode 2011-2016 yang berhasil diperoleh Lintas Gayo—Badan Pembina: Ir. H. Ruslan Abdul Gani, Dipl., S.E., Drs. Ramdanu Martis, M.M., dan Alwien Desry, S.H. Badan Penasehat: Drs. H. A. Wabah Rahmatsyah, Sabarudin Harfa, dan Drs. H. Armaya Metro. Dewan Pakar: Prof. Dr. H. Ismail Ariyanto, M.Pd., Dr. H. Rahmat Salam, M.Si., dan Ir. Mursyid.

Sementara itu, di Badan Pengurus—Ketua Umum: Muchtarudin, MBA, Ketua Harian: Alwin Fajar, Sekretaris Jenderal: Zainal Abidin, S.H., Wakil Sekretaris Jenderal: Yusradi Usman al-Gayoni, S.S., M.Hum, Bendahara: W. Al Muzaini, S.Ag, Wakil Bendahara: Milan Sadri. Biro-Biro—Biro Organisasi dan Kaderisasi: Sukarmin, Biro Pendidikan dan Pelatihan: Khairul Amri, Biro Kesehatan Masyarakat: Drs. Abdul Azis, Apt; Biro Seni dan Budaya: Hayati Fitri dan Irfan Y, Biro Informasi, Teknologi dan Komunikasi: Marwan Rusia, S.Com, Biro Usaha Mikro: Mahakadri, Biro Kerohanian dan Sosial: Dedi Susilo Sahri, Biro Humas dan Publikasi: Iwan Rachmat, S.IP, Biro Lingkungan Hidup: Razali, dan Biro Peranan Wanita: Prima Mas Ariyoga, S.H. (Faiz al-Gayoni)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>